SEJARAH BEASISWA CERAH



Beasiswa cerah berawal dari keprihatinan dari jendela pendidikan LAZ Portal Infaq terhadap kondisi pendidikan terutama di daerah terpencil maupun kota yang termarjinalkan, melihat kondisi di setiap perempatan jalan anak usia sekolah berkeliaran, mengamen, mengemis kasih dan bekerja dengan upah yang tak layak. Sementara di jalan-jalan kita menyaksikan dengan mata telanjang kendaraan mobil dan motor yang selalu baru dan membuat iri. Mal-mal berdiri bak jamur dengan pengunjung yang berjubel dan membawa barang belanjaan jutaan hingga ratusan juta. Ironi bukan? Apakah kita hanya tinggal diam? Atau hanya berharap banyak dari Pemerintah?. Oleh karena itu kami tergugah untuk mencari solusi terhadap kondisi pendidikan dengan memberikan beasiswa kami beri nama beasiswa cerah. CERAH adalah singkatan dari CERdas dan amanAH yang menjadi Visi pendidikan Portalinfaq. Menjadikan generasi muda yang bukan sekedar cerdas tapi juga amanah. Program BEASISWA CERAH ! adalah Program bea pendidikan bagi siswa SD, SMP, SMA dan Perguruan Tinggi bagi yatim piatu dan dhuafa yang berprestasi untuk keberlangsungan pendidikan selama minimal 1 (satu) tahun.
Untuk beasiswa cerah didaerah cilincing ini berawal dari bantuan pasca banjir portal infaq pada tahun 2007 yang diberikan kepada wilayah di daerah bantaran kali cakun drain yaitu Kp. Bedeng, Kp. Kesepatan dan Kp. Sawah, setelah di berikan alat-alat tulis rupanya banyak anak yang tidak sekolah didaerah itu dikarenakan faktor ekonomi dan jarak yang cukup jauh ke sekolah negeri. Setelah itu kami menunjuk saudara Syarif Abdurrahman sebagai koordinator untuk pengelolaan beasiswa cerah didaerah itu.
Bea Pendidikan yang berasal dari donatur perorangan dan atau instansi diberikan secara rutin sebulan sekali disertai dengan pembinaan moral dan pembelajaran praktis secara berkelanjutan dan intensif. Selain memberikan beasiswa cerah kami juga membina para anak asuh untuk mengikuti kegiatan mentoring selama 2 pekan sekali sehingga selain mereka mendapatkan beasiswa juga mendapatkan ilmu dari Taman Bacaan Anak, kursus Komputer, Les Calistung, dan Mentoring. dengan tujuan diantaranya Memberikan bantuan pendidikan untuk anak-anak yatim piatu dan atau dhuafa yang berprestasi, Memberikan kesempatan pendidikan yang merata untuk anak-anak di daerah miskin dan terbelakang dan Menjadi “success story” pendidikan anak-anak yatim piatu dan atau dhuafa dengan konsep learning by doing dan memiliki kepribadian yang bermanfaat untuk masyarakat disekitarnya
Salah satu program beasiswa cerah adalah pembinaan terhadap anak asuh berupa kegiatan pembelajaran diantaranya yaitu Rumah Belajar yang menaungi kegiatan Taman Bacaan Anak, Kursus Komputer, Les Calistung. Sehingga anak-anak bukan hanya terbantu bea pendidikan yang digunakan untuk pembayaran SPP, pembelian LKS/buku atau kebutuhan sekolah lainnya, Tapi juga pembinaan keterampilan berupa kegiatan kursus komputer dan baca tulis hitung.
Saat ini program beasiswa cerah cerah telah berjalan selama 8 tahun ini sudah banyak menghasilkan para alumni yang bisa meneruskan sekolah ke jenjang yang lebih tinggi lagi maupun yang sudah memasuki dunia kerja.
Terima kasih kepada para donatur atau orang tua asuh yang telah menyisihkan sebagian uangnya untuk keberlajutan pendidikan anak-anak yatim dan duafa sehingga mereka bisa menatap masa depan dengan gemilang.
SEJARAH BEASISWA CERAH SEJARAH BEASISWA CERAH Reviewed by tba cerah on 19:01 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.